PROFIL SEKOLAH
SD Islam Az Zahra
Bandar Lampung, mulai beroperasi pada Juli
2012, dan pada Agustus di tahun yang sama
telah mendapatkan Ijin Operasional Sekolah yang berarti secara legal formal telah resmi untuk menyelenggarakan
pendidikan. Di usianya yang masih sangat belia, SD Islam Az
Zahra saat ini telah memiliki 2 level kelas (kelas 1 dan 2) dimana telah
terdaftar sejumlah 171 siswa sebagai peserta didik; 13 orang tenaga pendidik
dan tenaga kependidikan; serta 3 orang konsultan pendidikan yang mumpuni di
bidangnya masing-masing.
1.
VISI DAN MISI
1.
Visi
Menjadi pusat pendidikan Islami yang utuh (kaffah)
di tingkat dasar.
2. Misi
a. Mendidik anak dalam
menguasai dan menerapkan Agama Islam dengan benar dan utuh sehingga menjadi
pribadi-pribadi yang Islami.
b. Mendidik anak dalam
menguasai ilmu dan teknologi sesuai dengan perkembangan usia dengan standar
Nasional Plus dan mempunyai wawasan International.
c. Mendidik anak
memiliki keterampilan diri yang tinggi sehingga memiliki jiwa mandiri dan
kewirausahaan.
2. TARGET
LULUSAN
1.
Agama
a. Menguasai praktik
ibadah dengan benar dan sesuai sunnah Rasulullah SAW.
b. Mampu membaca Al
Qur’an dengan baik, benar dan indah sesuai dengan tajwid, mengikuti murothal
Imam Masjid Haram dan Imam besar lainnya.
c. Mampu
menghafal Al Qur’an minimal 3 juz serta surat/ayat-ayat pilihan lainnya.
d. Mampu menghafal
hadits shahih popular sehari-hari, minimal 100 hadits dan artinya.
e. Berakhlak islami dan
menggunakan ayat Al Qur’an serta hadits
dalam kehidupan kehidupan sehari-hari.
f. Mampu bercakap-cakap
dan mendengarkan Bahasa Arab untuk tingkat pemula.
g. Mampu menulis dan
membaca Bahasa Arab dengan baik.
2. Akademik
a. Mampu menuntaskan
kurikulum Standar Nasional secara optimal.
b. Memiliki kemampuan
melebihi Kurikulum Standar Nasional di bidang tertentu, seperti: Matematika,
Bahasa Indonesia, Sains, Ilmu Pengetahuan Sosial.
c. Mampu bercakap-cakap
dan mendengarkan Bahasa Inggris untuk tingkat pemula.
d. Mampu menguasai IPTEK
sesuai dengan perkembangan usianya.
e. Mempunyai wawasan
universal.
3. KURIKULUM
Kurikulum yang digunakan di
SD Islam Az Zahra adalah kurikulum Nasional, yang dimodifikasi
dengan Kurikulum Kekhasan Sekolah ( terdiri dari Muatan Lokal : Bahasa
Inggris dan Bahasa Arab; Keagamaan, 4 tambahan mata pelajaran
keagamaan : Tahfidz, Tahsin, Doa dan Hadist, Praktek Ibadah; dan Pengembangan Diri :
Ekstrakurikuler dan Praktek Ibadah Harian : Murojaah, Sholat Dhuha dan
Dzuhur).
Modifikasi kurikulum yang demikian, kemudian berimplikasi pada jumlah total
jam belajar dalam 1 pekan,
yang adalah 39 jam mata pelajaran ( sekolah SD pada umumnya :
22 jam ).
4. TENAGA
PENDIDIK
Tenaga pendidik telah menamatkan
S1 dan S2 dengan spesialisasi Agama, Kependidikan, Umum, dari Perguruan Tinggi
Negeri dan Swasta yang TELAH terakreditasi baik, serta berasal dari pondok
pesantren.
5. METODE
PENDIDIKAN
- Proses
KBM.
Proses KBM di kelas menitikberatkan pada metode student centered learning dimana siswa menjadi pusat dari proses
belajar, yang peran utamanya adalah sebagai subjek pembelajaran
- Proses KBM di kelas
juga menerapkan metode colaborative and
joyfull learning dimana pembelajaran dikemas dengan aktivitas yang dinamis,
kreatif, inovatif sehingga suasana belajar menjadi menyenangkan.
- Pembentukan
Akhlakul Karimah.
Pola pembentukan dan pengembangan kepribadian serta karakter siswa menjadi
prioritas utama, dimana semuanya merujuk kepada ajaran Islam, Al Quran dan
hadist serta tentunya sesuai sunnah Rasulullah SAW.
-
Praktik Ibadah Harian. Setiap hari,
seluruh siswa menjalankan secara rutin kegiatan-kegiatan :
a. Praktik wudhu.
b. Sholat Duha.
Membiasakan siswa dalam memulai harinya dengan menjalankan sunnah rasul.
Harapannya, dari kebiasaan ini melahirkan sebuah kebutuhan yang pada akhirnya
nanti dapat terus menjalankan ibadah sunnah ini, serta ibadah sunnah lainnya.
c. Murojaah
(mengahafal surat dalam Al Quran yang
sedang menjadi target hafalan) selama 20 menit ( 10 menit di pagi hari, 10
menit di akhir menjelang kepulangan). Diharapkan dari kegiatan ini, target
hafal 3 juz Al Quran saat kelululsan menjadi terealisasi.
d. Sholat Dzuhur.
Mengenalkan dan membiasakan anak-anak pada ibadah wajib seorang muslim.
Harapannya, dari kebiasaan ini siswa mengerti pentingnya menjalankan kewajiban
shoalat lima waktu bai seorang muslim.
- Trilingual School.
Menjadi
mimpi dan harapan kami untuk dapat menjadi sekolah yang menerapkan tiga bahasa
dalam penggunaannya. Secara bertahap dan tentunya dengan mengindahkan kemampuan
berbahasa pada usia perkembangan, siswa didorong untuk menggunakan bahasa asing
di sekolah, yang dapat berupa Bahasa Inggris, ataupun Bahasa Arab.
Instruksi-instruksi dasar dan sederhana sejak sedini mungkin sudah
diperkenalkan kepada siswa dalam dua bahasa asing tersebut.
- School
Event. Beberapa
agenda sekolah yang didesain memiliki tujuan untuk membentuk siswa dengan
pribadi yang berani, percaya diri, kreatif, jujur, asertif, disiplin serta
bertanggung jawab pada dirinya sendiri, keluarga, masyarakat, negara dan
terutama untuk agamanya. Agenda sekolah tersebut antara lain : Magical Me,
Jum’ah Barokah, Jumat Sehat, Field Trip, Peringatan Hari Besar Keagamaan dan
Nasional, Itikaf, Upacara Sekolah, dll
- Bidang
Ekstrakulikuler. Terdapat
beragam jenis kegiatan ekskul yang mampu mengembangkan bakat, minat serta
kemampuan, baik pada aspek akademis maupun non akademis.
a.
Ekskul Bidang
Akademis :
Sempoa, Reading Club, Science Club, Tahsin Club,
Tahfidz Club, English Club
b. Ekskul
Bidang Non Akademis :
Painting Club, Taekwondo, Futsal, Public Speaking
Club, Craft/Art Club, Cooking Club, Robotic Club, Scout/Pramuka
6. FASILITAS
a. Bangunan terintegrasi
dengan system steril seluruh aktifitas dilakukan di dalam lingkungan sekolah.
b. Kelengkapan sarana
belajar, olahraga dan bermain.
c. Alat bantu belajar
berbasis IT (Audio visual set di dalam kelas).
d. Terawasi aktifitas
siswa dengan camera CCTV di dalam dan di luar kelas.
e. Laboratorium sebagai
“bengkel” untuk siswa melakukan kreatifitas untuk menunjukkan kemampuan mereka.
f. Student Clinic
g. Library
h. Laboratorium
Multimedia dan bahasa.
i. Kantin di dalam
lingkungan steril dengan menu makanan yang sehat dan baik.
j. Catering dan Abodemen
(Fasilitas optimal untuk orang tua).
7. WAKTU
BELAJAR
Kelas
|
Hari
|
Waktu
|
I
– III
|
Senin
dan Rabu
Selasa
dan Kamis
Jumat
|
07.15
– 13.15
07.15
– 14.15
07.00
– 11.00
|
IV
- VI
|
Senin
dan Rabu
Selasa
dan Kamis
Jumat
|
07.15
– 14.45
07.15
– 16.00
07.0
– 11.00
|
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusPlaytech adds New Poker Room to Wynn Palace
BalasHapusWynn Resorts Ltd. (NASDAQ:WYNN) 여주 출장샵 today announced 삼척 출장안마 the addition of New Poker 당진 출장마사지 Room (www.wynnlasvegas.com) to 의왕 출장안마 Wynn Palace 안성 출장샵