Pages

Labels

Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 04 April 2014

Sekolah Dasar Islam Az Zahra Bandar Lampung



PROFIL SEKOLAH

SD Islam Az Zahra Bandar Lampung, mulai beroperasi pada Juli 2012, dan pada Agustus di tahun yang sama telah mendapatkan Ijin Operasional Sekolah yang berarti secara legal formal telah resmi untuk menyelenggarakan pendidikan. Di usianya yang masih sangat belia, SD Islam Az Zahra saat ini telah memiliki 2 level kelas (kelas 1 dan 2) dimana telah terdaftar sejumlah 171 siswa sebagai peserta didik; 13 orang tenaga pendidik dan tenaga kependidikan; serta 3 orang konsultan pendidikan yang mumpuni di bidangnya masing-masing.


 
1.   VISI DAN MISI

1.   Visi
Menjadi pusat pendidikan Islami yang utuh (kaffah) di tingkat dasar.

2.  Misi
a.    Mendidik anak dalam menguasai dan menerapkan Agama Islam dengan benar dan utuh sehingga menjadi pribadi-pribadi yang Islami.
b. Mendidik anak dalam menguasai ilmu dan teknologi sesuai dengan perkembangan usia dengan standar Nasional Plus dan mempunyai wawasan International.
c.    Mendidik anak memiliki keterampilan diri yang tinggi sehingga memiliki jiwa mandiri dan kewirausahaan.


2.  TARGET LULUSAN

1.   Agama
a.      Menguasai praktik ibadah dengan benar dan sesuai sunnah Rasulullah SAW.
b.  Mampu membaca Al Qur’an dengan baik, benar dan indah sesuai dengan tajwid, mengikuti murothal Imam Masjid Haram dan Imam besar lainnya. 
c. Mampu menghafal Al Qur’an minimal 3 juz serta surat/ayat-ayat pilihan lainnya.
d.  Mampu menghafal hadits shahih popular sehari-hari, minimal 100 hadits dan artinya.
e. Berakhlak islami dan menggunakan ayat Al Qur’an serta  hadits dalam kehidupan kehidupan sehari-hari.
f.     Mampu bercakap-cakap dan mendengarkan Bahasa Arab untuk tingkat pemula.
g.    Mampu menulis dan membaca Bahasa Arab dengan baik.

2.  Akademik
a.    Mampu menuntaskan kurikulum Standar Nasional secara optimal.
b.    Memiliki kemampuan melebihi Kurikulum Standar Nasional di bidang tertentu, seperti: Matematika, Bahasa Indonesia, Sains, Ilmu Pengetahuan Sosial.
c. Mampu bercakap-cakap dan mendengarkan Bahasa Inggris untuk tingkat pemula.
d.    Mampu menguasai IPTEK sesuai dengan perkembangan usianya.
e.    Mempunyai wawasan universal.

3.  KURIKULUM

Kurikulum yang digunakan di SD Islam Az Zahra adalah kurikulum Nasional, yang dimodifikasi dengan Kurikulum Kekhasan Sekolah ( terdiri dari  Muatan Lokal : Bahasa Inggris dan Bahasa Arab; Keagamaan, 4 tambahan mata pelajaran keagamaan : Tahfidz, Tahsin, Doa dan Hadist, Praktek Ibadah; dan Pengembangan Diri : Ekstrakurikuler dan Praktek Ibadah Harian : Murojaah, Sholat Dhuha dan Dzuhur). Modifikasi kurikulum yang demikian, kemudian berimplikasi pada jumlah total jam belajar dalam 1 pekan, yang adalah 39 jam mata pelajaran ( sekolah SD pada umumnya : 22 jam ).


 

4.  TENAGA PENDIDIK

Tenaga pendidik telah menamatkan S1 dan S2 dengan spesialisasi Agama, Kependidikan, Umum, dari Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta yang TELAH terakreditasi baik, serta berasal dari pondok pesantren.


5.  METODE PENDIDIKAN

-       Proses KBM. Proses KBM di kelas menitikberatkan pada metode student centered learning dimana siswa menjadi pusat dari proses belajar, yang peran utamanya adalah sebagai subjek pembelajaran
-       Proses KBM di kelas juga menerapkan metode colaborative and joyfull learning dimana pembelajaran dikemas dengan aktivitas yang dinamis, kreatif, inovatif sehingga suasana belajar menjadi menyenangkan.
-       Pembentukan Akhlakul Karimah. Pola pembentukan dan pengembangan kepribadian serta karakter siswa menjadi prioritas utama, dimana semuanya merujuk kepada ajaran Islam, Al Quran dan hadist serta tentunya sesuai sunnah Rasulullah SAW.
-        Praktik Ibadah Harian. Setiap hari, seluruh siswa menjalankan secara rutin kegiatan-kegiatan :
a.        Praktik wudhu.
b.  Sholat Duha. Membiasakan siswa dalam memulai harinya dengan menjalankan sunnah rasul. Harapannya, dari kebiasaan ini melahirkan sebuah kebutuhan yang pada akhirnya nanti dapat terus menjalankan ibadah sunnah ini, serta ibadah sunnah lainnya. 
c. Murojaah (mengahafal surat  dalam Al Quran yang sedang menjadi target hafalan) selama 20 menit ( 10 menit di pagi hari, 10 menit di akhir menjelang kepulangan). Diharapkan dari kegiatan ini, target hafal 3 juz Al Quran saat kelululsan menjadi terealisasi.
d.  Sholat Dzuhur. Mengenalkan dan membiasakan anak-anak pada ibadah wajib seorang muslim. Harapannya, dari kebiasaan ini siswa mengerti pentingnya menjalankan kewajiban shoalat lima waktu bai seorang muslim.
-       Trilingual School. Menjadi mimpi dan harapan kami untuk dapat menjadi sekolah yang menerapkan tiga bahasa dalam penggunaannya. Secara bertahap dan tentunya dengan mengindahkan kemampuan berbahasa pada usia perkembangan, siswa didorong untuk menggunakan bahasa asing di sekolah, yang dapat berupa Bahasa Inggris, ataupun Bahasa Arab. Instruksi-instruksi dasar dan sederhana sejak sedini mungkin sudah diperkenalkan kepada siswa dalam dua bahasa asing tersebut.
-       School Event. Beberapa agenda sekolah yang didesain memiliki tujuan untuk membentuk siswa dengan pribadi yang berani, percaya diri, kreatif, jujur, asertif, disiplin serta bertanggung jawab pada dirinya sendiri, keluarga, masyarakat, negara dan terutama untuk agamanya. Agenda sekolah tersebut antara lain : Magical Me, Jum’ah Barokah, Jumat Sehat, Field Trip, Peringatan Hari Besar Keagamaan dan Nasional, Itikaf, Upacara Sekolah, dll
-       Bidang Ekstrakulikuler. Terdapat beragam jenis kegiatan ekskul yang mampu mengembangkan bakat, minat serta kemampuan, baik pada aspek akademis maupun non akademis.
a.   Ekskul Bidang Akademis :
Sempoa, Reading Club, Science Club, Tahsin Club, Tahfidz Club, English Club
b.  Ekskul Bidang Non Akademis :
Painting Club, Taekwondo, Futsal, Public Speaking Club, Craft/Art Club, Cooking Club, Robotic Club, Scout/Pramuka
 

6.  FASILITAS

a.  Bangunan terintegrasi dengan system steril seluruh aktifitas dilakukan di dalam lingkungan sekolah.
b.    Kelengkapan sarana belajar, olahraga dan bermain.
c.    Alat bantu belajar berbasis IT (Audio visual set di dalam kelas).
d.    Terawasi aktifitas siswa dengan camera CCTV di dalam dan di luar kelas.
e. Laboratorium sebagai “bengkel” untuk siswa melakukan kreatifitas untuk menunjukkan kemampuan mereka.
f.     Student Clinic
g.    Library
h.    Laboratorium Multimedia dan bahasa.
i.     Kantin di dalam lingkungan steril dengan menu makanan yang sehat dan baik.
j.     Catering dan Abodemen (Fasilitas optimal untuk orang tua).


7.  WAKTU BELAJAR

Kelas
Hari
Waktu
I – III
Senin dan Rabu
Selasa dan Kamis
Jumat
07.15 – 13.15
07.15 – 14.15
07.00 – 11.00
IV - VI
Senin dan Rabu
Selasa dan Kamis
Jumat
07.15 – 14.45
07.15 – 16.00
07.0   – 11.00


2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Playtech adds New Poker Room to Wynn Palace
    Wynn Resorts Ltd. (NASDAQ:WYNN) 여주 출장샵 today announced 삼척 출장안마 the addition of New Poker 당진 출장마사지 Room (www.wynnlasvegas.com) to 의왕 출장안마 Wynn Palace 안성 출장샵

    BalasHapus

 

Blogger news

Blogroll

Blog Archive